hmm.... mungkin buat anak-anak SMA yang udah kelas 10 nih kayaknya masih pada galau milih IPA apa IPS maklum aja sekarang ini udah masuk semester 2 yang artinya bentar lagi penjurusan.
sama seperti anak-anak lain, aku pun juga begitu. BINGUNG. itulah kalimat yang ada dalam pikiranku saat harus berpikir menentukan jurusan mana yang ingin dipilih.
baru-baru ini sekolahku sekolahku mengadakan psikotes untuk minat bakat agar kita tahu minta dan bakat kita dimana. awalnya waktu tes aku memilih untuk masuk ke jurusan IPS entah kenapa dan mendapatkan ilham darimana.
1 bulan berlalu akhirnya ada pengumuman juga, aku kira itu pengumuman untuk semua ternyata itu hanya pengumuman nama-nama anak yang harus mengikuti sesi discussion sama BP, dan aku masuk dalam urutan itu.
sorenya saat hari yang ditentukan, aku menemui guru BP ku, disana aku diperlihatkan tentang hasilnya, ternyata hasilnya tak seperti yang aku bayangkan saat tes, IPA ku high dan IPS ku middle. seketa itu juga aku langsung galau tingkat akut. Oh Tuhan, aku sangat bingung untuk menentukannya, akhirnya guruku memberiku waktu 2 hari umtuk memikirkannya dan merundingkannya bersama orang tua.
2 hari berlalu dan akupun masuk ke ruang konseling lagi, dan akhirnya aku memutuskan untuk masuk IPA, yah itulah hasil diskusi aku bersama orangtuaku. di sini bukan karna lebih bagus IPA atau IPS semua sama saja, tapi dari hasil test yang ak ikutin ternyata menyatakan kalo IPA aku tinggi.
masalah IPA IPS sepertinya sama saja. banyak orang berasumsi bahwa IPA lebih baik dari IPA. Eitss! tergantung,mau dilihat dari segimananya? dari apa goal kita dan dari apa yang kita punya seperti bakat, kemauan,dsb.
mungkin banyak orang harus menghilangkan asumsi bahwa anak IPS itu tidak sepintar anak IPA, hellowww don't think like that! semua itu pasti punya kelebihan dan kekurangan, seperti hidup kebanyakan orang tak selamanya sempurna.
bahkan disekolahku sampai ada anak yang berkata "coba sini anak IPA kerjain tugas-tugas geography dan akuntansi anak IPS, apa mereka bisa?" tapi sebaliknya anak IPA juga bisa berkata seperti ini "sini kamu anak IPS kerjain soal-soal electrolysis, light, nerves etc" yapp... semua sudah mempunyai bagian-bagiannya. semua sempurna pada bidangnya. please don't have paradigm like that yahhh... kita sama-sama anak bangsa yang harus berjuang untuk kemajuan bangsa, CHEMUNGUTH EYAAAHHH
sama seperti anak-anak lain, aku pun juga begitu. BINGUNG. itulah kalimat yang ada dalam pikiranku saat harus berpikir menentukan jurusan mana yang ingin dipilih.
baru-baru ini sekolahku sekolahku mengadakan psikotes untuk minat bakat agar kita tahu minta dan bakat kita dimana. awalnya waktu tes aku memilih untuk masuk ke jurusan IPS entah kenapa dan mendapatkan ilham darimana.
1 bulan berlalu akhirnya ada pengumuman juga, aku kira itu pengumuman untuk semua ternyata itu hanya pengumuman nama-nama anak yang harus mengikuti sesi discussion sama BP, dan aku masuk dalam urutan itu.
sorenya saat hari yang ditentukan, aku menemui guru BP ku, disana aku diperlihatkan tentang hasilnya, ternyata hasilnya tak seperti yang aku bayangkan saat tes, IPA ku high dan IPS ku middle. seketa itu juga aku langsung galau tingkat akut. Oh Tuhan, aku sangat bingung untuk menentukannya, akhirnya guruku memberiku waktu 2 hari umtuk memikirkannya dan merundingkannya bersama orang tua.
2 hari berlalu dan akupun masuk ke ruang konseling lagi, dan akhirnya aku memutuskan untuk masuk IPA, yah itulah hasil diskusi aku bersama orangtuaku. di sini bukan karna lebih bagus IPA atau IPS semua sama saja, tapi dari hasil test yang ak ikutin ternyata menyatakan kalo IPA aku tinggi.
masalah IPA IPS sepertinya sama saja. banyak orang berasumsi bahwa IPA lebih baik dari IPA. Eitss! tergantung,mau dilihat dari segimananya? dari apa goal kita dan dari apa yang kita punya seperti bakat, kemauan,dsb.
mungkin banyak orang harus menghilangkan asumsi bahwa anak IPS itu tidak sepintar anak IPA, hellowww don't think like that! semua itu pasti punya kelebihan dan kekurangan, seperti hidup kebanyakan orang tak selamanya sempurna.
bahkan disekolahku sampai ada anak yang berkata "coba sini anak IPA kerjain tugas-tugas geography dan akuntansi anak IPS, apa mereka bisa?" tapi sebaliknya anak IPA juga bisa berkata seperti ini "sini kamu anak IPS kerjain soal-soal electrolysis, light, nerves etc" yapp... semua sudah mempunyai bagian-bagiannya. semua sempurna pada bidangnya. please don't have paradigm like that yahhh... kita sama-sama anak bangsa yang harus berjuang untuk kemajuan bangsa, CHEMUNGUTH EYAAAHHH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar